Wednesday, 12 October 2011

Mitos-mitos Seputar Mengisi Bensin

| 10:52:00 |
Open Indent Fortuner 2016 | Test Drive | Program Tukar Tambah

Mitos-mitos Seputar Mengisi Bensin


TOYOTASURABAYA.COM. Mengisi bensin adalah sesuatu hal yang mudah dilakukan, tinggal putar tutup tangki dan isi bensin. Tetapi di balik itu, ada proses rumit dan kompleks. Di masyarakat pun beredar mitos mengisi bensin di pagi hari lebih bagus untuk kendaraan ketimbang mengisi bensin di siang hari, apakah betul begitu?

Memang hal ini terdengar tidak logis, tetapi ada baiknya mengisi bensin di pagi hari. Seperti dilansir autoevolution, hal itu bukanlah mitos belaka. 


Soalnya panas akan membuat bensin menguap dan akhirnya membutuhkan lebih banyak ruangan di dalam tangki. Jadi kesimpulannya? Mengisi bensin di saat udara dingin, seperti pagi hari atau malam berarti temperaturnya lebih rendah dan lebih banyak bensin daripada uap bensinnya sendiri.

Mitos yang kedua. Beberapa orang mengatakan lebih baik mengisi tangki bensin penuh daripada mengisi secara rutin bensin dalam beberapa waktu dengan jumla yang sedikit.

Ada dua penjelasan untuk ini, namun hal itu tergantung pada risiko mana yang akan anda pilih. Pertama, makin sedikit bensin di dalam tangki, berarti lebih banyak udara. Hal ini akan membuat mobil lebih boros mengonsumsi BBM karena penguapan dari bensin yang tersedia.

Sebagai tambahan, dikatakan kalau mengisi bensin dalam rentang waktu yang pendek akan membuat fuel pump dan saringan gampang rusak.

Ketika kita mengisi tangki bensin di atas saran yang disampaikan pabrikan, itu harus kita hindari, meskipun kita akan melakukan perjalanan jarak jauh. Jika Anda melakukan ini, akan merusakkan sensor di tangki dan juga akan membuat beban mobil bertambah dan akhirnya mengurangi performa mobil.

Selain membuat mobil tambah berat, bahan bakar berlebih juga akan menyebabkan tambahan uap udara yang akan membuat bensin lebih gampang menguap.

Mitos ketiga. Hindari mengisi bensin ketika truk BBM tengah mengisi bensin di SPBU. Mitos ini memang benar. Selain rawan terbakar, Anda harus menghindari mengisi bensin saat ada truk tangki karena semua debu atau partikel yang berada di dasar pompa bensin bisa tersedot masuk ke dalam mobil. Jika partikel ini masuk ke tangki bahan bakar maka bisa merusak saringan dan pompa bensin.

Sebagai tips, memilih jenis BBM yang tepat untuk kendaraan adalah hal yang pertama kali dilakukan. Jangan sampai Anda memilih BBM yang salah untuk kendaraan. Akibatnya mobil Anda pun bisa berbunyi ngelitik yang bisa membuat mesin mobil rusak.
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1438 H - Ready Siap Kirim : Avanza 1,3G MT (Silver, White) - Calya G MT (Grey, Black) - Sienta V CVT (Brown), Fortuner G A/T (White), Fortuner VRZ 4x2 (Silver), Innova Q A/T Diesel (Black, Silver) - Hubungi Sekarang Juga 0812 3366 7269 - PROGRAM TUKAR TAMBAH - DAPATKAN GRATIS VOUCHER BELANJA HINGGA 10,000,000 s/d 03 JULI 2017 - S&K Berlaku
Back to Top