Performa All New Avanza Veloz Manual


Toyotasurabaya.Com - Test drive All New Avanza bertemakan "Journey of Million Dreams" di Padang Sumatera Barat terus berlanjut. Puas dengan Avanza bertransmisi otomatis saatnya detikOto menjajal Avanza G 1.300 cc bertransmisi manual.


Sebelum memulai perjalanan, para jurnalis berkumpul untuk menikmati keindahan landmark Sumatera Barat yakni Jam Gadang.

Kebetulan hotel tempat kami menginap hanya berjarak sekitar 50 meter dari Jam Gadang. detikOto bersama para jurnalis sempat berfoto dengan All New Avanza dan berlatar belakang bangunan peninggal zaman Belanda tersebut.

Wajah All New Avanza G 1.300 cc manual terlihat berbeda dari All New Avanza Veloz yang detikOto uji coba pada hari pertama. 

Di eksteriornya, perbedaan dapat dirasakan pada desain bumper depan dan belakang, grille hingga desain pelek. Sementara bagian dalamnnya bisa dirasakan pada warna dashboard. All New Avanza Veloz otomatis mengadopsi 1 warna yakni abu-abu sedangkah All New Avanza G 1.300 cc manual terhias 2 warna hitam dan krem.

Audio juga berbeda. Jika Avanza Veloz tersemat 2 DIN audio sistem yang tersambung dengan 6 speaker, All New Avanza G 1.300 cc manual hanya 1 Din MP3 yang terintegrasi 4 speaker. 

All New Avanza G 1.300 cc manual juga tidak tersedia pengatur volume suara yang tersemat di kemudi. Sedangkan versi Veloz tersedia untuk memuaskan penggunanya.

Lebih dalam lagi, sisi perbedaan juga terjadi pada meter with digital trip meter. Jika Veloz tersedia informasi konsumsi BBM, Avanza G 1.300 cc tidak tersedia informasi tersebut. 

Namun desain speedometer sama lebih mewah dengan kombinasi warna merah. Untuk All New Avanza G 1.300 cc tersedia tilt steering sehingga mobil MPV 7 seater itu bisa dikendarai lebih nyaman. Asyiknya All New Avanza G 1.300 cc sudah dilengkapi sensor parkir seperti All New Avanza Veloz.

Mesin Al New Avanza pun dinyalakan sebagai tanda test drive dimulai. Dan tepat 9.00 WIB, 10 All New Avanza diarahkan menuju Padang dari Bukittinggi (The Hills). Rombongan akan mengakhiri perjalanan di Hotel Pangeran Beach, Padang pada sore hari.

Suasana Bukittinggi di pagi hari memang agak mendung, namun itu menambah semangat para tester All New Avanza. Terlebih para jurnalis ditemani pemandu yang siap membantu ketika tersesat. Pasalnya rute yang dilalui cukup rumit, bukan tidak mungkin para tester bakal tersesat di daerah penghasil kain Songket Padang itu.

Rasa mengandarai All New Avanza G 1.300 cc dari Avanza versi lawas memang agak berbeda. Avanza generasi kedua lebih baik. Terlebih suspensi baru dan lapisan atap bagian dalam kini sudah menggunakan bahan penutup yang agak tebal. Desain itu membuat kabin All New Avanza lebih terasa nyaman.

Ketika mobil dijalankan, pintu akan terkunci otomatis di kecepatan 10 Km/Jam, teknologi ini sama seperti yang tersemat di All New Avanza Veloz. Clekk.

Dengan suasana yang damai, All New Avanza G 1.300 cc manual dikendarai ke arah jalan lintas Padang - Riau. Jalanan menurun mendominasi di sesi kedua test drive Avanza terbaru ini. Karenanya detikOto harus lebih berhati-hati, pasalnya mobil satu ini tidak tersemat fitur Anti-Lock Braking System (ABS).

Dalam perjalanan, kami sempat menemui jalanan bergelombang dan rusak. Namun detikOto terasa santai berkat suspensinya sudah diperbaharui. Dengan itu badan tidak terasa pegal-pegal ketika bercengkrama di lintasan tersebut. Berkendara dengan All New Avanza G 1.300 cc semakin terasa nikmat lewat Electric Power Steering (EPS).

Sedangkan mesin 1.300 cc yang dikawinkan dengan transmisi 5 kecepatan yang bisa melontarkan 92 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 11,9 kgm pada 4.400 RPM masih terasa seperti mesin Avanza lawas. Mesin tersebut masih responsif di tanjakan.

Namun sayangnya fakta mesin tersendat masih terasa di mesin All New Avanza G 1.300 cc tepatnya di gear 1 dengan RPM rendah. 

Kenyataan itu sama dengan Avanza versi lawasnya. Sepertinya Toyota harus segera merevisi bagian penting di mesin All New Avanza yang menyebabkan mobil terasa tersendat-sendat. Dengan begitu bukan tidak mungkin pengendara dan penumpang lebih merasakan kenyamanan.

Pukul 10.00 WIB, para tester diajak ke salah satu museum adat Padang Panjang yakni Minangkabau Vilage. Tempat tersebut menyimpan banyak nilai sejarah Sumatera Barat. Perjalanan pun terus bergulir. Dan memasuki pukul 13.00 WIB, 10 mobil All New Avanza terus diarahkan ke rumah makan Christine Hakim di Padang Panjang.

Kami sempat merasakan makanan khas Padang dari tangan sang enterpreneur di Padang itu dan berbincang dengan pemilik keripik balado terkenal di Padang tersebut. 

Dari mulut mulut ibu tiga anak itu sempat terucap semangat bekerja bisa mewujudkan impian yang selama ini diidam-idamkan. Sengatan matahari Padang yang kian menyengat tak memupuskan semangat para jurnalis. Untuk menjaga ritme test drive, sesekali tim official Toyota melemparkan games untuk menciptakan suasana hangat di acara test drive.

Tak terasa 10 All New Avanza memasuki daerah kota Padang yang ramai disesaki oleh pengendara motor. 

Tentu kejelian berkendara diutamakan untuk menghindari kecelakaan. Rombongan pun mengakhiri perjalanan di hotel Pangeran Beach pukul 17.15 WIB.

ARTKEL TERKAIT