Perbedaan All New Avanza dan Xenia 2012

Perbedaan All New Avanza dan  Xenia 2012

ToyotaSurabaya.Com - Pasangan andalan dan terlaris MPV indonesia Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia telah memasuki generasi yang kedua. Penampilan anyar tampak lebih fresh dan menggairahkan pencinta setianya ditanah air. 

Tetapi seperti halnya generasi pertama, model desain bodi keduanya hampir mirip dan tidak ada perbedaan. namun perbedaan di generasi kedua ini hanya pada pelek, foglamp, bumper (untuk versi Avanza Veloz).

Dalam ulasan kali ini , kita akan bahas beberapa point penting antara keduanya :

VELG
Perbedaan : Sangat kentara di desain velg
All New Avanza memiliki 8 palang single
All New Xenia memiliki 6 palang double. 
Persamaan :Kemudi Avanza dan Xenia kini lebih ringan dengan Elektronic Power Steering (EPS).

RODA :
Untuk varian 1.3 roda yang akan mengisi berukuran 185/70 R14. 
Untuk varian 1.5 dan Veloz berukuran 185/65 R15. 

Xenia tersedia pelek ukuran 13 dan 14 inci. 
Persamaan : Ban tersebut kini diperkuat dengan suspensi yang tidak kenyal lagi. Suspensinya kini lebih baik.

BAGIAN BELAKANG :
Beranjak ke buritan. Hampir tidak ada perbedaan, desain kedua sama baru dan agak gemuk di bagian bumper. Asyiknya pintu All New Avanza dan Xenia kini memiliki handle pintu. Dan khusus Avanza 1.3 G dan 1.5 G serta Veloz telah dilengkapi fitur New Parking Sensor with rear reflector.

LINE UP :
Avanza terbagi dalam 4 tipe dan 7 varian yakni 1.3 E transmisi manual dan otomatis, 1.3 G manual dan otomatis, 1.5 G manual dan Avanza Veloz transmisi manual dan otomatis.

Sementara Xenia tersedia dalam 4 varian yakni D dan M untuk Xenia bermesin 1.000 cc serta X dan R untuk Xenia bermesin 1.300 cc yang seluruhnya disertai 8 pilihan warna.

Selain itu Xenia belum menggunakan foglamp, hanya tipe R (Xenia tertinggi), sedangkan Avanza hanya tipe E yang tidak tersemat foglamp. Avanza tipe E lawas juga memang tidak menggunakan foglamp. Model tersebut sepertinya memang dikhususnya untu Avanza termurah.

INTERIOR :
Untuk interiornya Xenia memiliki two-tone (2 warna) yakni krem dan hitam, begitu juga dengan All New Avanza. Desain dashboard-nya sama persis. Tampilan tersebut membuat kedua semakin tambah mewah.

DASHBOARD :
Selanjutnya bagian dashboard. Keduanya kini memiliki New Combination Meter with Digital LCD. Sementara warna speedometer kini berlabur warna merah, versi sebelumnya warna orange.

AC :
Lebih dalam lagi kita menyimak AC blower tengah. 
Xenia tipe X dan R (1.300 cc) terdapat AC blower tengah. 
Dan sial bagi Xenia 1.000cc tidak terdapat komponen tersebut. 
Sedangkan All New Avanza sudah pakai double blower.

HEAD AUDIO :
Pada entertaiment kedua sudah terintegrasi audio single dan double DIN, hanya Xenia pakai 4 speaker dan Avanza 6 speaker. 

REM :
Perbedaaan terakhir pada sistem pengereman ABS. 
Xenia tidak dilengkapi sistem ABS, 
sementara Avanza sudah dilengkapi rem ABS untuk tipe Veloz.


ARTKEL TERKAIT