Sunday, 10 December 2017

Anti Lock Braking System

| 19:10:00 |

Anti Lock Braking Sistem

Toyota Anti-lock Brake System (ABS) adalah ABS yang dikendalikan komputer memodulasi tekanan rem selama pengereman keras untuk membantu menghindari penguncian roda dan mempertahankan kontrol kemudi. 

Saat roda mulai mengunci, komputer menyebabkan rem ke pulsa lebih cepat dari pada manusiawi, memungkinkan roda berputar bukan selip.

Lebih detil mari kita saksikan video berikut ini


Lalu bagaimana cara kerja rem ABS? 
Sistem anti-lock braking memiliki empat komponen utama yang saling terkait, satu sama lain. Keempat komponen ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, kompenen tersebut antara lain:

1. Sensor Kecepatan
Sensor ini berfungsi untuk membaca kecepatan putaran roda, terdapat di setiap roda atapun di diferensial (tergantung dari pabrik).


2. Katup Pengereman
Di setiap jalur minyak rem terdapat katup, dan katup ini dikendalikan oleh komputer / kontroler ABS. Secara umum, katup rem memiliki tiga posisi yang berbeda.

  • Katup Posisi Satu: Dalam posisi ini, katup dalam posisi terbuka penuh, sehingga tekanan minyak rem secara penuh, langsung diteruskan ke rem.
  • Katup Posisi Dua: Dalam posisi ini, katup akan menghalangi tekanan minyak rem, sehingga tekanan tidak akan diteruskan ke rem walaupun pengemudi menekan rem.
  • Katup Posisi Tiga: Dalam posisi ini, katup akan menghalangi sebagian dari tekanan minyak rem, sehingga tekanan hanya setengah yang diteruskan ke rem, walaupun pengemudi menekan rem secara penuh.
3. Pompa
Fungsi dari pompa ini adalah mengembalikan tekanan pada jalur pengereman yang dilepaskan oleh katup ke rem.


4. Kontroler / Komputer
Fungsi dari alat ini adalah otak yang mengendalikan katup dan mengolah data dari sensor kecepatan

Cara Kerja Rem ABS Mobil

Sensor kecepatan akan membaca kecepatan mobil setiap saat, dan menyampaikan data kecepatan tersebut ke pada kontroler. Untuk mobil berhenti secara normal di kecepatan 100 kilometer perjam, akan diperlukan waktu selama 5 detik. 


Tentunya pada saat anda melakukan pengereman normal, tidak akan terjadi penguncian roda kendaraan. Lain ceritanya jika anda melakukan pengereman mendadak, maka roda akan terkunci. Waktu yang diperlukan untuk roda terkunci kurang lebih 1 detik.

Karena kontroler telah di program, untuk dapat menghentikan kendaraan secara maksimal, terkuncinya roda saat pengereman tidak boleh terjadi. Sebelum roda terkunci, kontroler akan mendapatkan data dari sensor kecepatan dan akan memerintahkan katup menghalangi tekanan, dengan cara mengambil katup posisi dua atau katup posisi 3, sesuai perintah dari kontroler. 


Setelah putaran roda terdeteksi oleh sensor kecepatan, kontroler akan memerintahkan katup untuk mengambil posisi satu, yang membuat tekanan minyak rem kembali dan diteruskan ke rem. 

Cara kerja rem ABS diatas terjadi sangat cepat, rata-rata sistem ABS pada mobil sekarang, mampu melakukan 15 kali proses tersebut dalam 1 detik.

Demikianlah dasar cara kerja rem ABS, tentunya disetiap mobil memiliki sistem dan komponen yang berbeda, sesuai dengan kemampuan dan performa mobil dan harga jual dari mobil


Semoga bermanfaat


FOR INFORMATION
Bpk. Ibnu Darmana
Telp : 081233667269
PIN : D8059184
Line : 081233667269
Whatsapp : 081233667269
Email : ibnu@toyotasurabaya.com
www.toyotasurabaya.com
BIG SALE RAMADHAN BERSAMA TOYOTA 2018 - Ready Siap Kirim : VELLFIRE (Black) - Avanza 1,3G MT (Silver, White) - Calya G MT (Grey, Black) - Sienta V CVT (Brown), Fortuner G A/T (White), Fortuner VRZ TRD 4x2 (Silver), Innova Q A/T Diesel (Black, Silver) - Hubungi Sekarang Juga 0812 3366 7269 - PROGRAM TUKAR TAMBAH - DAPATKAN GRATIS VOUCHER BELANJA HINGGA 5,000,000 s/d 31 MARET 2018 - S&K Berlaku
Back to Top